Sabtu, 23 Mei 2020

Aplikasi Kumparan = Dunia dalam Genggaman




Saat ini dunia termasuk Indonesia didalamnya tengah memasuki era baru yaitu era disrupsi, dimana terjadi fenomena beralihnya aktivitas manusia dari dunia nyata ke dunia maya. Ya, ciri khas dari era disrupsi ini adalah perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat, menyeluruh dan mempengaruhi hampir semua bidang kehidupan. Salah pengaruhnya adalah terjadinya pergeseran perilaku atau gaya hidup masyarakat dalam mengakses berita dan informasi. Sebelumnya, masyarakat mencari berita dan informasi melalui media konvensional atau media cetak seperti surat kabar/koran. Kini, masyarakat dapat mengakses berita secara cepat dan real time dengan mengakses media siber. Kehadiran media siber tentunya membawa angin segar bagi dunia jurnalisme. Dengan adanya media siber, masyarakat bisa mendapatkan berita dan informasi dengan sekejap dan up to date melalui gawai yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Beberapa kelebihan media siber antara lain: informasi aktual dan up to date, bisa diakses kapan saja dan dimana saja, informasi dapat diakses berulang kali, terbangun interaksi antar pembaca dengan adanya kolom komentar/chat, lebih interaktif (disamping memuat teks, media siber juga berisi gambar, video, audio, dan animasi), praktis dan bisa menjangkau informasi dari seluruh belahan dunia. Dengan adanya media siber masyarakat bisa mengakses informasi dari berbagai dunia secara aktual dan up to date seakan dunia dalam genggaman.

Namun demikian media siber tidaklah sesempurna yang kita bayangkan. Pasalnya disamping memiliki kelebihan, media siber juga memiliki kelemahan yang tidak bisa dianggap enteng oleh penggunanya. Salah satunya adalah penyebaran hoaks yang semakin meraja lela. Ya, masyarakat hendaknya tidak asal dan sembarang memilih media siber. Sehingga masyarakat sebagai pengguna gawai/smartphone harusnya se-smart gawainya. Masyarakat harus pintar memilih media siber yang akurat dan terpercaya. Salah satu media siber yang kini tengah popular dan semakin banyak diakses adalah kumparan. Kumparan merupakan aplikasi berita terbaik yang wajib kalian akses. Kumparan pertama kali diluncurkan pada Januari 2017, dengan tujuan menjadi platform pertama di Indonesia yang menggabungkan jurnalisme berbasis teknologi dan memungkinkan interaksi antara semua pengguna ke dalam satu platform. Kumparan dapat diakses menggunakan perangkat seluler, komputer pribadi, dan permukaan lainnya. Personalisasi Algoritma Technology (PAT) memungkinkan kumparan untuk mendistribusikan produknya atau konten berkualitas baik kepada orang yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Selain bisa diakses melalui browser gawai, kini kumparan hadir dengan aplikasi yang bisa kita akses dari gawai. Sehingga semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dan berita terkini, terbaru, terlengkap, terupdate yang dirancang dengan teknologi terkini. Masyarakat juga bisa mendapatkan pengalaman membaca berita yang lebih mudah dan menyenangkan. Dengan aplikasi kumparan masyarakat bisa mendapatkan berbagai jenis informasi mulai dari Indonesia hingga seluruh belahan dunia, seakan dunia dalam genggaman.

Bagaimana cara mengakses aplikasi kumparan?
Cara mengakses aplikasi kumparan dari gawai sangat gampang. Langkah pertama buka Play Store, lalu ketikkan kumparan di pencarian, lanjutkan dengan pemasangan aplikasi kumparan di gawai kalian. Aplikasi kumparan siap deh diakses. Selanjutnya jangan lupa log in / mendaftar supaya kalian bisa mengakses semua fitur yang ada di aplikasi kumparan. Aplikasi kumparan telah bisa terhubung dengan akun google dan facebook kalian, jadi sangat mudah untuk mendaftar. Jangan lupa pula aktifkan notifikasi supaya mendapatkan informasi terupdate setiap saat, kapan saja, dan dimana saja. Dengan mengakses aplikasi kumparan, kalian tidak perlu lagi mencari berita menggunakan browser, cukup satu aplikasi untuk mengetahui kabar terbaru dari seluruh penjuru dunia. Gampang bukan?

Mengapa harus aplikasi kumparan?
Diantara sekian banyak aplikasi berita yang tersedia, pilihan saya jatuh kepada kumparan dan saya juga merekomendasikan masyarakat menggunakan aplikasi kumparan. Kumparan merupakan aplikasi berita terbaik karena memiliki kelebihan sebagai berikut:

Berita yang Disajikan Terkini, Terbaru, dan Terupdate
Kumparan menyajikan berita secara real time artinya berita yang terjadi saat ini langsung disajikan oleh kumparam, sehingga masyarakat tidak perlu takut ketinggalan informasi terkini. Didalam aplikasi kumparan ada menu trending  yang menyajikan berita yang sedang hits dan kekinian. Tak hanya itu, di dalam menu trending, terdapat submenu lagi yang dapat dipilih berdasarkan topik atau jenisnya, seperti sub menu news, entertainment, mom, food and travel. Sehingga memudahkan dalam memilih berita terkini sesuai selera dan keinginan kita.  Ada pula menu collection yang menyajikan konten eksklusif mengenai isu menarik. Menu collection berisi konten unik dan menarik yang telah difilter berdasarkan topiknya. Kita juga dapat mengklik menu subscribe collection untuk mendapatkan pemberitahuan terkini bila ada konten terbaru. Aplikasi berita lain mah lewat, Kumparan aplikasi berita terbaik.

Berita yang Disajikan Beragam dan Terlengkap Tapi Tidak Kaleng-kaleng
Berita dan informasi yang disajikan kumparan sangat lengkap dan beragam, mulai dari berita hingga entertainment, ada pula tentang mom, food and travel, otomotif, hingga olah raga dan masih banyak lainnya. Namun kalian tidak perlu bingung dengan banyaknya berita, sebab informasi yang disajikan telah dikelompokkan berdasarkan jenis atau topiknya. Jadi sangat memudahkan pengguna untuk mencari berita yang dicari. Berita yang disajikan pun terpercaya dan anti hoax serta ditulis dari sudut pandang yang seimbang, netral, bermanfaat, inspiratif dan tidak kaleng-kaleng. Berita yang disajikan pun dikemas kekinian dengan bahasa yang mudah dicerna. Tak hanya berita, Aplikasi Kumparan juga menyajikan investigasi dan majalah diigtal.

Tampilan layar responsif, Sederhana Namun Elegan
Salah satu kelebihan lainnya dari aplikasi kumparan adalah tampilan layarnya yang fit to screen alias responsif dan kompatibel. Jadi kita tidak perlu memperbesar atau memperkecil layar, sebab tampilan layar aplikasi kumparan otomatis menyesuaikan dengan gawai. Selain itu tampilan layar dari aplikasi kumparan sederhana dengan backgroud putih namun terkesan elegan dan tidak rame. Antar backgorud dan tulisan sangat kontras dan tidak membuat mata panas. Gambar yang disediakan pun unik dan menarik seperti pada menu collection¸pembaca seolah dibuat membaca kumpulan buku dengan cover yang artisitik.


Tidak Terganggu Iklan
Nah, ini kelebihan yang membuat saya jatuh hati pada aplikasi kumparan. Kadang sebel nggak sih saat lagi asyik membaca berita tiba-tiba muncul iklan yang tak diundang. Dengan membaca berita melalui aplikasi kumparan, kita tidak perlu khawatir akan adanya iklan, sebab aplikasi ini bersih dari iklan yang mengganggu. Jadi membuat pembaca nyaman dan betah berlama-lama di aplikasi ini.

Update Informasi Terkini COVID-19
Salah satu menu baru yang disajikan dari aplikasi kumparan adalah menu Update Informasi Terkini COVID-19. Menu ini berisi informasi tentang Covid-19 mulai dari memahami virus Corona, pencegahan diri dan keluarga, Happy at home, kumpulan do’a hingga donasi lawan Corona. Tentunya dengan adanya informasi tersebut kita tetap bisa stay home namun tetap tak ketinggalan informasi tentang Covid-19. Berita yang disajikan pun sangat aktual dan up to date, dilenngkapi grafik, peta, hingga persebaran pasien Covid-19 di seluruh tanah air. Nilai plusnya lagi adalah informasi yang disajikan tak melulu tentang korban Covid-19, tapi juga hal-hal yang menenangkan pembaca seperti kumpulan do’a serta informasi inspiratif yaitu Happy at home yang berisi solusi praktis yang dapat dilakukan pembaca saat stay at home. Hmm jadi adem bacanya.

Memori Kecil dan Fast Respon
Kalian tak perlu khawatir memori gawai penuh saat menginstaal aplikasi kumparan, sebab memori penyimpanan yang dibutuhkan kecil alias tidak berat. Selain itu aplikasi kumparan sangat cepat responnya dalam menampilkan isi berita. Jadi kalian tidak usah khawatir gawai kalian jadi lemot atau lelet.

Memungkinkan Berbagi Tulisan Melalui Menu Create Story
Informasi yang disajikan dalam aplikasi kumparan berasal dari dua arah yaitu tulisan redaksi dan tulisan pembaca yang disajikan pada menu opini dan cerita. Jangan lupa untuk mendaftar dulu supaya kalian bisa mengakses menu create story. Menu ini memungkinkan kalian berbagi tulisan kalian. Pada menu opini dan cerita, kalian bisa membaca informasi yang ditulis dari sudut pandang pembaca dan para tokoh masyarakat.

Interaksi antar Pengguna
Kalian bisa memberikan komentar atau tanggapan pada berita yang disajikan pada aplikasi kumparan. Kalian bisa juga memberi love pada berita atau komentar yang kalian sukai. Selain itukalian juga bisa berinteraksi dengan sesama pengguna dengan saling memfollow, memberi love  dan berkomentar. Apalagi kini aplikasi kumparan telah didownload lebih dari 500.000 kali dan diulas lebih dari 6000 pengguna. Selain itu Kumparan juga sering mengadakan kuis dan lomba dengan hadiah yang menarik dan menggiurkan. Sebagai tambahan Kumparan juga mengadakan acara virtual bersama tokoh-tokoh terkenal, seperti acara Lebaran Bersama Kumparan yang menghadirkan Sandiaga Uno, SusiPudjiastuti, Atiqah Hasiholan, Indra Jegel, Lala Karmela, Fenita dan Arie Untung, Ziva Magnolya,Arief Didu, Erick Estrada, Oki Rengga, Ola Elannor, Dayu Hatmanti, Utta, Jekm, serta Adit Insomnia.

Pemberitahuan Berita Terkini
Dengan adanya fitur aktifkan notifikasi, pembaca tidak perlu khawatir ketinggalan informasi terkini. Kita pun  bisa memilih jenis berita yang ingin kita ikuti, jadi tidak semua berita hidup notifikasinya. Sebagai contoh bila ingin mengikuti atau mendapatkan notifikasi informasi tentang food and travel¸maka pembaca hanya perlu mengaktifkan notifikasi untuk topik itu saja.

Informasi Berupa Video
Lagi malas membaca berita panjang? Jangan khawatir kini aplikasi kumparan hadir dengan berita yang dikemas kekinian yaitu informasi ditampilan dalam bentuk video dengan teks singkat. Dengan adanya informasi yang berbentuk audio visual tentunya memudahkan pembaca yang sedang sibuk atau sedang malas membaca informasi berupa tulisan panjang. Keren kan?

Kumparan Derma
salah satu fitur sosial pada kumparan adalah kumparan derma. Dengan mengusung pemikiran:
"Sebuah karya jurnalistik yang baik, tak hanya sekadar berita saja, tapi juga harus bisa menggerakkan masyarakat. Tentu dalam hal positif dan memberikan kebaikan."
Kumparan meluncurkan fitur Kumparaan Derma untuk memudahkan pembaca berdonasi. Melalui fitur ini, pembaca bisa langsung bergerak memberikan bantuan untuk orang-orang membutuhkan yang profilnya diangkat oleh kumparan. Fitur tersebut juga menyajikan kisah inspiratif dan campaign yang bisa diikuti oleh pembaca dengan mengaktifkan notifikasi.



Riwayat Baca
Dengan adanya menu riwayat baca, penggina tidak perlu lagi melakukan pencarian ulang berita yang telah dibaca atau belum sempat dibaca karena ada aktivitas lain. Selain itu tersedia juga menu share berita yang memungkinkan pengguna membagikan berita.
Demikian 10 alasan mengapa kalian harus instal aplikasi kumparan di gawai kalian. Satu aplikasi berjuta manfaat. Aplikasi berita terbaik dengan banyak kelebihan. Dengan aplikasi Kumparan, dunia bagaikan dalam genggaman. Semoga bermanfaat.


#TenanguntukMenang
#BerkahNulisdiRumah



2 komentar:

Silahkan berkomentar disini, tapi yang sopan ya :)