Minggu, 02 September 2018

3 Resep Brownies Anti Gagal Bagi Pemula


Brownies merupakan salah satu kue yang mempunyai rasa lezat, umumnya memiliki rasa coklat yang dibuat dengan cara dipanggang. namun kini brownies hadir dengan variasi modifikasi baik dari segi tekstur, rasa, toping, hingga pembuatannya. salah satu modifikasi brownies yang paling populer adalah brownies kukus. brownies ini dibuat dengan cara dikukus. brownies kukus memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya, termasuk anak saya. di usianya yang hampir 3 tahun ini, anak saya sangat menyukai browies kukus. Sebab saat pulang ke Banyuwangi sang kakek yang tak lain adalah ayah saya selalu membelikan brownies amand*. Namun di daerah saya tidak ada toko yang menjual brownies merk tersebut. Hingga saya harus memutar otak mencari resep brownies yang simpel dengan alat seadanya dan bahan yang mudah didapat. maklum saya belum mempunyai mixer plus oven. jadi pilihan saya jatuh pada brownies kukus. akhirnya saya bereksperimen untuk membuat brownies kukus sederhana. berikut 3 resep brownies kukus sederhana dan anti gagal yang pernah saya coba. resep ini cocok bagi pemula yang baru belajar membuat brownies. yuk cekidot.

3 resep brownies kukus anti gagal bagi pemula
1. brownies chocolat*s

kalau biasanya brownies menggunakan DCC (dark cooking chocolate), saya menggunakan chocolat*s. alasannya simpel, karena mudah didapat. saya mendapatkan resep ini dari cookpad, tapi dengan sedkit modifikasi. 
bahan-bahan yang diperlukan yaitu:
  1. 1 butir telur
  2. 2 sdm tepung terigu
  3. 2 sdm gula pasir
  4. 2 sdm mentega
  5. 1 sachet krimer kental manis
  6. 1 sachet chocolat*s. bisa diganti mil* dsb.
  7. sedikit baking soda
  8. meses/keju untuk toping


cara membuatnya:
  • panaskan kukusan terlebih dahulu
  • lelehkan mentega
  • kocok lepas telur hingga berbusa dengan menggunakan garpu
  • tambahkan kocokan telur dengan mentega 
  • masukkan gula pasir
  • masukkan tepung terigu hingga bercampur merata
  • masukkan chocolat*s
  • masukkan baking soda
  • masukkan krimer kental manis
  • setelah bercampur merata, kukus kurang lebih 25-30 menit
  • setelah matang dinginkan dan tambahkan toping sesuai selera
  • brownies kukus siap dinikmati
2. brownies ore*
kalau kue ini bisa dikatakan brownies nggak ya? hehehe. saya tau resep ini dari facebook. bahannya cuma 2 yaitu susu UHT rasa coklat dan biskuit ore*. cara membuatnya pun gampang. 1) blender biskuit hingga menjadi tepung. lalu tambahkan susu UHT hingga tercampur merata. setelah itu kukus hingga matang. selesai deh, simpel kan? 

3. brownies pond*n
dulu sebelum coba-coba resep, brownies pertama yang saya buat adalah brownies kukus merk pond*n. cara membuatnya tinggal ikuti langkah-langkah yang ada di kemasan. dijamin anti gagal. hehehe



dari semua brownies kukus yang pernah saya coba, brownies kukus chocolat*s yang paling lezat. sebab bahan-bahannya bisa kita sesuaikan sendiri dengan selera kita. kalau kalian suka yang mana?

selamat mencoba ya.

2 komentar:

Silahkan berkomentar disini, tapi yang sopan ya :)